0 item in the bag

No products in the cart.

Diskon khusus untuk setiap pembelian dalam jumlah banyak!

Jenis Model Kaos

JENIS MODEL KAOS – Apa sih kaos itu? Kaos, menurut Wikipedia adalah: “Jenis pakaian yang menutupi sebagian lengan, seluruh dada, bahu, dan perut. Kaos oblong biasanya tidak memiliki kancing, kerah, ataupun saku. Pada umumnya, kaos oblong berlengan pendek (melewati bahu hingga sepanjang siku) dan berleher bundar. Bahan yang umum digunakan untuk membuat kaos oblong adalah katun atau poliester (atau gabungan keduanya). Mode kaos oblong meliputi mode untuk wanita dan pria, dan dapat dipakai semua golongan usia, termasuk bayi, remaja, ataupun orang dewasa. Kaos oblong pada mulanya digunakan sebagai pakaian dalam. Sekarang kaos oblong tidak lagi hanya digunakan sebagai pakaian dalam tetapi juga sebagai pakaian sehari-hari.”

Dari penjelasan Wikipedia di atas, tentu kamu bertanya-tanya, apakah benar kaos oblong pada mulanya digunakan sebagai pakaian dalam?

Jawabannya adalah iya, benar. Untuk memahaminya, memang diperlukan pemahaman mengenai sejarah kaos yang benar. Nah, oleh karena itulah, kali ini, Casofa Clothing menurunkan artikel mengenai sejarah kaos secara lengkap. Bahkan, mungkin artikel yang bisa kamu temukan di internet paling lengkap mengenai sejarah kaos.

Sebagaimana disebutkan oleh Wikipedia di atas, walaupun sekarang kita sering memakai kaos di luar bagian pakaian, akan tetapi, dulunya kaos berguna sebagai pakaian dalam.

Dalam bahasa Inggris, kaos dikenal dengan sebutan tee atau t-shirt. Mungkin karena bentuknya yang seperti huruf T.

Awalnya, kaos hanya memiliki satu bentuk saja, yakni oblong sederhana berwarna putih berbentuk O-neck, atau leher yang meyerupai huruf O. Kaos ini dulunya adalah pakaian dalam yang digunakan oleh angkatan laut Amerika Serikat sekitar tahun 1898–1913 dalam perang antara Amerika Serikat melawan Spanyol.

Karena kenyamanannya, kaos ini cocok untuk suasana laut dan pantai yang panas. Oleh itulah, biasanya ketika para marinir sedang tidak memakai seragam, mereka hanya memakai kaos berwarna putih ini.

Apa yang dilakukan oleh para marinir ini kemudian diadaptasi oleh para pekerja di berbagai industri, karena memang konsep kaos oblong yang nyaman dan enak dipakai. Kemudian, dengan perkembangan fesyen, beberapa model kaos pun bermunculan.

Kaos Crew Neck. Jenis model kaos ini merupakan jenis kaos yang sering kita temukan, di mana bentuknya memiliki leher seperti huruf O, tanpa kerah, dan berlengan pendek.

Kaos V-Neck. Jenis model kaos ini adalah memiliki leher kaos berbentuk seperti huruf “V” dengan garis ribs yang bersiku pada bagian dada atas.

Kaos Turtle Neck. Jenis model kaos ini adalah memiliki lubang leher bulat dengan ribs yang panjang mendekati kerongkongan.

Kaos Raglan. Jenis model kaos ini adalah memiliki potongan warna yang berbeda antara badan dan lengan, serta jahitan yang menyatukan antara lengan dan badan berpola miring dari ketiak sampai leher sebelah bahu.

Kaos Henley. Jenis model kaos ini adalah memiliki placket dibawah bulatan leher dengan panjang sekitar 3–5 inci (8–13 cm) dan biasanya memiliki 2–5 buah kancing. Pada dasarnya menyerupai kaos polo tanpa kerah yang bisa berlengan pendek atau panjang. Jenis kaos henley sangat bagus ketika dikenakan dengan jins, celana bahan, celana khaki, kargo atau celana untuk acara-acara resmi kasual dan semi-formal.

Kaos Polo. Jenis model kaos ini adalah berkerah dan memiliki placket dengan dua atau tiga kancing dan saku di dada kiri sebagai opsi tambahan. Ketiga istilah tersebut merupakan ciri khas yang dapat digunakan untuk menggambarkan pengertian dari kaos polo. Pada umumnya kaos polo dikenal sebagai baju golf dan tenis.

 


 

Tags: ,

Pin It on Pinterest

Shares
Share This