0 item in the bag

No products in the cart.

Diskon khusus untuk setiap pembelian dalam jumlah banyak!

Rahasia Sukses Distro Unkl347

Rahasia Sukses Distro Unkl347 – Clothing yang sering ganti nama? Bolehlah julukan itu kita sematkan ke Unkl347. Bukan itu saja karena keunikan brand ini sebenarnya. Berdiri sejak 1996, desainer Unkl347 mengaku nggak pernah sama sekali memikirkan konsep desain. Khususnya desain t-shirt.

Dendy Darman cs, yang membidani kelahiran Unkl347, memang cinta mati sama desain. Hal itu mungkin yang membuat dirinya just do it soal desain.

Yang bikin semua orang makin heran, Dendy juga nggak pernah memikirkan strategi dagang. Lagi-lagi, seperti desain Unkl347, semuanya mengalir begitu saja berdasarkan proses kreatif yang mereka pikirkan.

Ya, ide yang terlintas di otak mereka akan langsung mereka diskusikan. Tanpa memertimbangkan bisnisnya dan selera pasar saat itu.

“Di Unkl347, konsep itu nggak ada. Karena kalau dipageri sama konsep, proses kreatif bisa nggak berkembang. Kalau gue lebih seneng dibebasin. Jadi, proses brainstorming itu selalu kami lakuin, makanya desain itu bisa berubah harian. Itu semua terjadi alami saja,” jelas Dendy detail.

Rasanya mustahil ya, tanpa konsep bahkan tanpa strategi tapi bisa sukses bertahan sampai sekarang. Di sinilah Dendy kemudian buka bocorannya. Tanpa konsep bukan berarti desain mereka nggak punya tema. Karakter desain yang simpel atau lebih tepatnya nggak terlalu rumit jadi benang merah gaya desain dari Unkl347. Permainan logo atau tipografi juga jadi kiblat desain yang mereka usung. Ini semua jadi pilihan mereka karena ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan.

“Karena pada awalnya home production jadi memang ngejar desain yang simpel. Dan kalau secara filosofis, kami ingin semua produk kami bisa dibuat di Indonesia. Itung-itung sekalian bantu orang-orang di sekitar. Karena sebenarnya di Indonesia itu banyak sumber daya manusianya, tetapi mereka snagat jarang yang bisa desain dan sampai sekarang kami masih melakukan itu semua,” ujar Dendy Darman.

Ia melihat kalau mendesain sebuah t-shirt nggak Cuma menggambar di atas t-shirt saja. Mendesainnya berarti membuat sehelai kain menjadi sebuah kaos yang siap dijual. Makanya, desain mereka cenderung nggak terlalu rumit dan bahkan hanya permainan tipografi atau logo yang dimodifikasi.

Satu hal lagi yang membuat desain tipografi Unkl347 kuat, menurut Dendy, adalah fungsi dekoratifnya. Walaupun desain clothing ini seakan diciptakan tanpa makna, para penciptanya memberi hal-hal yang membuatnya manis untuk dilihat lalu memikat orang untuk memilikinya.

“Desain di t-shirt itu fungsinya dekoratif. Hanya komposisi dan permainan warna saja. Memang fungsi utama desain di sini adalah fekoratif. Ibaratnya kaos polos yang ada kami kasih tahi lalat,” tegasnya.

Banyak orang yang beranggapan kalau desain itu hanya sekadar grafik atau gambar di kaos. Jadi, orang-orang beli desainnya, bukan kaosnya. Kalau gue lebih ke proses desain itu mulai dari bikin kaosnya itu sendiri, dari mulai menentukan panjang tangan, lebar kerah, bentuk jahitan,” jelas Dendy.

T-shirt yang sering dianggap sebagai kanvas untuk para desainer lain untuk menampilkan karya mereka nggak berlaku buat Dendy cs. Ini bisa dibuktikan dengan karya yang dihasilkan oleh Unkl347. Selain desain yang nggak terlalu rumit, detail, dan kualitas bahan yang mereka ciptakan jadi salah satu alasan kenapa Unkl347 sangat digemari oleh anak-anak muda. Ini menjadi bukti dari kerja mereka di Unkl347 dalam mendesain t-shirt.

Berkaca dari sudut pandang Dendy sangat owner dan desainer Unkl347, bisa disimpulkan kalau sejak awal terbentuknya clothing ini nggak pernah mikir yang namanya jualan. Wadah untuk berkreasi dan menyalurkan cinta mereka terhadap desian jadi faktor untuk mereka menjalankan Unkl347. Laku atau nggak bukan jadi prioritas utama mereka untuk tetap menjalankan clothing brand ini. Buktinya adalah selama berjalan lebih dari 15 tahun, brand yang sekarang dikenal dnegan nama Unkl347 ini sudah berkali-kali ganti nama. Secara nggak disengaja, perubahan ini terjadi sekitar lima tahun sekali. Unkl347 pertama kali dikenal dengan nama 347, kemudian di tahun 2001 berubah menjadi EAT, dan 2006 menjadi Unkl347. Tapi, mereka nggak peduli kalau dengan brand yang mereka bangun selama bertahun-tahun itu bisa hilang tiba-tiba gara-gara perubahan logo dan nama mereka.

“Emang nggak direncanakan, tetapi secara kebetulan setiap lima tahun sekali kami ganti nama dan logo. Ada banyak alasan sih kenapa bisa ganti. Tapi, pergantian ini ibaratnya kayak bab baru dari sebuah buku. Ceritanya tetap satu, tapi tiap pergantian ini menandakan bab baru dari perjalanan kami. Intinya perubahan ini bukan untuk image, konsep, atau desain. Kalau masalah konsep dan desain memang dari awal nggak pernah berubah karena pada dasarnya bukan didasari oleh alasan bisnis,” jelas sang pendiri.

Makanya, jangan kaget kalau dalam waktu dekat brand kesayangan kalian ini bakalan punya nama dan logo baru lagi. Nantinya Unkl347 selain punya wajah baru bakalan melebarkan sayapnya dalam bidang interior dan kafe. Unkl347 nggak sekadar clothing.

Demikian Rahasia Sukses Distro Unkl347. Kamu ingin distro apalagi yang kami bahas? Tulis di kolom komentar, ya!

Tags:

Pin It on Pinterest

Shares
Share This