3 Hal yang Harus Kamu Pahami Sebelum Memulai Usaha Distro

Memulai Usaha Distro – Distro atau singkatan dari distribution outlet adalah sebuah usaha yang sedang tren di kalangan anak muda. Akan tetapi, banyak juga yang bertumbangan memulai bisnis ini, karena kurangnya pengetahuan sekaligus persiapan, apa yang sebenarnya harus dilakukan untuk menjalankan bisnis ini.

Mari kita mulai dengan sebuah pemahaman mendasar dengan berbekal pertanyaan: Apa sih sebenarnya inti dari bisnis distro?

Inti dari bisnis distro adalah membuat produk fesyen kreatif berbasis desain konseptual dengan produksi terbatas.

Mari kita bedah satu per satu.

Produk fesyen kreatif, misalnya adalah kaos, topi, celana, jaket, sweater, tas, dompet, jam tangan, dan sebagainya. Produk fesyen kreatif ini biasa juga disebut dengan apparel.

Berbasis desain konseptual artinya memang produk-produk distro pada dasarnya dibuat berdasarkan sebuah identitas desain tertentu. Jadi, bukan asal bikin, ditempeli artwork, dijahit, dikemas, lalu dijual. Tidak. Nggak sesederhana dan sewagu itu. Akan tetapi, ada sebuah landasan mendasar. Ada sebuah pesan tertentu, ada sebuah identitas tertentu dari konsep desain dasarnya.

Mulai bingung?

Misalkan begini. Kalau kamu perhatikan, antara Unkl347, Ouval Research, Wadezig!, Cosmic, Yajugaya, Badger Invaders, Throox, Rown Division, semuanya memiliki kekhasan dan perbedaan yang besar antara satu dengan yang lainnya.

Cara memulai usaha distro

Mengapa bisa begitu?

Karena mereka dalam membuat produk berangkat dari sebuah identitas tertentu. Berangkat dari konsep desain khusus yang khas, yang mereka aplikasikan ke dalam produk mereka.

Jadi, konsep desain khas dulu, baru dirancang ke dalam sebuah produk. Bukan sebaliknya.

Ngerti, kan?

Produksi terbatas, maksudnya adalah produk-produk distro memang dirancang untuk diproduksi dalam jumlah tertentu, bukan massal. Tidak seperti Uniqlo, tidak seperti H&M, tidak seperti brand-brand besar yang biasa kita lihat di mall.

Konsep awal distro adalah memang untuk melawan semua brand-brand besar tersebut. Makanya, diproduksi dalam jumlah terbatas. Sekali tidak beli sebuah rilisan produk terbaru dari distro tersebut, ya kita tidak akan pernah bisa membeli lagi produk tersebut di lain waktu.

Demikianlah tiga hal penting bagi kamu yang ingin memulai usaha distro. Pastikan untuk memegang erat tiga prinsip utama ini, agar bisnis distromu sukses. Bila butuh kaos polos premium untuk jualan distromu, di mana kamu tinggal menyablonnya, jangan lupa pesan ke Casofa Clothing, ya. Ada penawaran harga khusus yang menarik!

 


 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.