rahasia sukses distro invictus bandung

Rahasia Sukses Distro Invictus

Rahasia Sukses Distro Invictus — Kesuksesan Invictus tak lepas dari peran Dicky Sukmana. Saya sendiri pernah mengikuti kelas kreatifnya di Jogja, ketika acara Creative Festival yang digelar oleh Pinasthika. Presentasinya, keren abis! Mulai dari cara dia mempresentasikan, hingga desain presentasinya. Benar-benar layak untuk diikuti, dan benar-benar seorang kreatif yang sangat keren!

Maka, saya akan memerkenalkan siapa sih Dicky Sukmana, biar kamu tak heran, bagaimana Invictus bisa sukses, karena memang didirikan oleh orang yang memiliki kreativitas tinggi dan patut diacungi oleh jempol.

Dan ini rahasia, ya. Saya sendiri adalah pengagum dari Dicky Sukmana ini, sejak profilnya secara sekilas dimuat di majalah Concept beberapa tahun silam. Oiya, majalah Concept sekarang sudah tidak terbit lagi. Heuheuheu. Aslinya, banyak yang sedih mengapa majalah ini tak terbit lagi, padahal suplemen otak kreatif bagi orang-orang kreatif seperti saya dan kamu.

Iya, saya dan kamu …. #laluhening

Invictus pertama kali didirikan pada tahun 2003, di jalan Sultan Agung, Bandung, Jawa Barat. Kala itu, memang sedang tren distro, dan Dicky terpacu untuk mencoba peruntungan di ranah bisnis ini.

Produk-produk Invictus adalah pernak-pernik fesyen, mulai dari topi, tas, dompet, hingga aksesori lainnya. Pangsa pasar konsumennya di rentang usia 18 tahun hingga 35 tahun. Harga jual produknya, terutama kaos sekitar Rp100.000,00 per potong.

Per bulan, Invictus memproduksi sekitar 1.000 hingga 2.000 barang untuk memenuhi seluruh permintaan di wilayah Bandung dan beberapa kota besar lainnya. Dengan begitu, dalam sebulan saja, Dicky dan Invictus sudah bisa mengantongi omzet hingga menyentuh Rp100 juta bahkan lebih.

Bagaimana? Mantab banget kan peluang bisnis distro?

contoh desain minimalis invictus

Untuk kegiatan produksi, Dicky dibantu oleh tujuh karyawan tetap dan beberapa karyawan kontrak seperti untuk tukang jahit dan sablon.

Pada tahun 2011, Dicky juga memiliki usaha lain, yakni pembayaran online bernama ipaymu.com. Dia juga dipercaya sebagai creative director di salah satu perusahaan konsultan pemasaran bernama Marketbiz Media Digital Marketing Consultant. Dicky juga pernah mendirikan majalah kreatif dan fesyen bernama Suave Magazine (namun kemudian tutup).

Tidak hanya itu, Dicky Sukmana juga membuat aplikasi Infobandung yang memuat informasi yang berhubungan dengan Bandung. Selain itu, Dicky juga menjadi salah satu penggagas KickFest. Apa itu KickFest? Acara ini adalah festival tempat berkumpulnya para para pengusaha dan komunitas clothing lokal dan distro.

Nah, setelah mengetahui tentang Dicky Sukmana, sekarang, saatnya mengetahui, apa rahasia dari suksesnya brand distro Invictus asal Bandung ini?

Selamat menikmati, semoga bisa menjadi inspirasi dari kesuksesan distromu.

Desain Invictus selalu sederhana, dan kebanyakan adalah tipografi. Saat brand lain memasang tengkorak atau lettering, Invictus cenderung konsisten dengan tipografi simpelnya, seperti tulisan Senin., dan lain sebagainya. Desain seperti ini, nyatanya justru banyak disukai penggemar distro.

Target market Invictus adalah young adult, atau kuliahan ke atas.

Tidak menjual barang trendy, tapi lebih ke niche market.

Rutin membaut desain berseri. Misalkan City Series. Kaos bertuliskan Sundanese, cenderung tidak akan dibeli oleh orang di luar Sunda, tapi akan menarik minat orang-orang Sunda, karena desainnya mengandung personifikasi dari sebuah market.

Mentarget banyak niche, namun dalam ceruk yang kecil namun berpotensi ada pembelinya.

Meski sudah cukup lama berdiri, namun Dicky ini enggan membuka cabang baru untuk menjajakan produk Invictus. Dia beralasan, lebih mudah mengembangkan bisnis dengan bekerjasama melalui distributor.

Pada tahun 2003 kebanyakan produk distro di Bandung menggunakan konsep full desain. Tapi, Invictus lebih memilih untuk menggunakan desain yang lebih sederhana. Katanya, “Saya suka desain yang sederhana sehingga saya tidak pernah menargetkan semua pengunjung akan suka.”

Terinspirasi dari Invictus? Saatnya membuat brand distromu sendiri. Kalau butuh kaos polos premium yang cocok sebagai bahan dasar kaos distromu, kamu bisa pesan ke Casofa Clothing.

Bekerja sama saja dengan kami! Kami akan melayani dengan senang hati.