distro sukses ouval research

Rahasia Sukses Distro Ouval Research

Rahasia Sukses Ouval Research – Sebagai gambaran bahwa membuat produk distro, baik itu kaos maupun hoodie, adalah tidak segampang bikin artwork di CorelDraw, kemudian disablon di kaos, lalu dijual, saya berikan wawasan mengenai rahasia sukses dari distro Ouval Research.

Didirikan oleh Arif Maskom, Ouval Research kini lebih sering disebut dengan RSCH saja. Desain RSCH khas banget dengan tipografi bergaya swiss design. Menurut pengakuan Maskom, “Saya ini kan basic-nya desain produk sebenarnya. Pas diminta desain kaos, saya nemunya tipografi dan saya suka. Saya bisanya itu, akhirnya desain Ouval Research jadinya tipografi aja. Pas dilanjutin, eh, malah enjoy bikin kaos.”

Kelebihan inilah yang dimiliki oleh RSCH. Desainnya simpel, yakni tipografi, namun kaos-kaos di RSCH selalu laku keras. Bahkan, sekarang hanya bertuliskan RSCH True Type. Dan desainnya selalu diburu para penggemarnya.

Saya sendiri termasuk fans berat dari RSCH. Apalagi, ketika mengunjungi outletnya di Jalan Trunojoyo Bandung. Konsep outletnya benar-benar outstanding, berkelas, dan khas banget dengan gaya Ouval Research.

true type ouval research

Mengapa Ouval Research memilih tema tipografi?

“Awalnya saya juga nggak tahu. Akan tetapi, lama-lama belajar, ilmu kita itu, kan, harus nambah, jangan mentok di situ-situ aja. Dari belajar itu, saya tahu karakter tipografi yang mudah diterima orang,” jelas Maskom.

Jabatan Maskom sendiri, selain owner adalah Product Designer. Menurut Maskom, desain tipografi pada kaos adalah desain universal yang bisa diterima oleh semua orang.

Penjelasannya, “Kalau misalnya ilustrasi, gambar kartun misalnya, pas umuran anak muda mungkin suka. Akan tetapi, pas dia sudah lebih tua, pasti nggak suka lagi. Beda kalau tipografi. Mau anak-anak, anak muda, orangtua, pasti suka. Tipografi itu lebih jualan, dan segmennya banyak.”

Kualitas desain kaos RSCH dijaga ketat oleh Maskom. Ia turun sendiri mendesain untuk membuat desain kaos yang sesuai dengan taste Ouval Research.

Jadi, tak ada aturan pakem, bagaimana desain RSCH. Satu-satunya yang harus jadi pakeman adalah ya harus sesuai dengan taste dari Maskom sendiri.

Di Ouval Research, ada lima inhouse designer . Dan mereka semua harus menyerahkan desainnya ke Maskom untuk lolos ataukah tidak dalam tahap produksi.

Jadi, kunci desain di RSCH adalah pada Maskom sendiri.

rsch true type

“Saya suka sekali gaya industrial. Seperti tulisan di papan penunjuk arah atau tulisan instruksi di mesin tik atau mesik fotokopi. Juga tulisan di boks-boks kontainer. Kaku dan tegas. Itu yang saya bawa ke RSCH. Industrial typograhy.” Begitu penjelasan dari Maskom soal gaya RSCH dalam mendominasi distro di Indonesia dengan satu gaya khas: tipografi.

Jadi, bagi kamu yang ingin mendirikan usaha distro, bisa menjadikan RSCH sebagai salah satu benchmark dalam mengembangkan produk. Ingat, jangan menjiplak, ya, tapi jadikan inspirasi dalam bergerak.

Salam sukses.

 


 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.