sejarah futsal di indonesia

Sejarah Futsal di Indonesia: Info Lengkap!

Sejarah Futsal di Indonesia – Halo Sobat CASOFA CLOTHING! Bagi kamu yang menggemari futsal, pasti pengen tahu dong bagaimana sih sejarahnya futsal bisa masuk ke Indonesia. Nah, makanya, kali ini CASOFA CLOTHING akan memberikan kamu ilmu penting, agar wawasan perfutsalan kamu makin nyess dan joss.

Jadi begini, Sobat CASOFA CLOTHING, meskipun sebenarnya futsal sudah di kenal oleh bangsa Indonesia sejak era 98, saat negara kita tengah reformasi itu, namun secara resmi, futsal di Indonesi sebenarnya dimulai pada tahun 2002, ketika negara kita didaulat menjadi penyelenggara putaran final kejuaraan futsal tingkat asia di Jakarta. Siapa yang mendaulat? Tentu saja Asian Football Confederation alias AFC.

Kejuaraan  AFC tahun 2002 ini adalah penyelenggaraan ke-4 sejak pertama kali diadakan tahun 1999 di Malaysia. Putaran final diadakan di Jakarta 22 s.d 30 Oktober 2002.

Namun nahas bagi tim futsal Indonesia, karena seluruh pertandingan yang digelar di Istora Senayan Jakarta itu, akhirnya dimenangkan oleh Ira, sedangkan Indonesia hanya mampu meraih satu kali kemenangan saja dan satu kali seri dari total empat kali pertandingan. Alhasil, Indonesia pun tak lolos di babah penyisihan grup. Kesel banget, kan, yak.

 

futsal indonesia

 

Lalu, siapa tokoh yang membuat futsal begitu marak di Indonesia? Yap, Sobat CASOFA CLOTHING tak salah tebak. Tak lain dan tak bukan adalah Coach Justin, yang sekarang rajin banget nge-YouTube.

Siapakah Coach Justin? Pria asyik yang greget ini bernama lengkap Justinus Lhaksana. Doi kelahiran 28 Juli 1967 dan pernah menjabat sebagai pelatih Timnas Futsal Indonesia pada tahun 2004–2007.

Apa yang membuatnya istimewa?

Coach Justin pernah tinggal di Belanda selama 15 tahun dan memegang sertifikat kepelatihan futsal dari KNVB (Asosiasi Sepakbola Belanda) serta pernah melatih klub divisi utama negeri kincir angin ini.

Gokil banget, kan?

Di masa kepemimpinan Justin, timnas Indonesia pernah meraih prestasi Internasional dengan memperoleh medali perunggu pada SEA GAMES Thailand tahun 2007. Pada waktu itu Indonesia berhasil mengalahkan Laos dengan skor telak 11–1.

Gokilnya kebangetan, memang.

Oke Sobat CASOFA CLOTHING, sekian dulu artikel tentang sejarah futsal di Indonesia. Semoga bisa menambah wawasan kamu, ya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.