sejarah nomor punggung sepakbola

Sejarah Nomor Punggung Sepakbola

Sejarah Nomor Punggung Sepakbola – Beberapa pemain sepakbola sangat berhubungan erat dengan nomor punggungnya. Misalkan dua alien Cristiano Ronaldo identik dengan nomor punggung 7 sedangkan Lionel Messi identik dengan nomor punggung 10.

Beberapa pemain sepakbola lain juga erat banget dengan nomor punggungnya, seperti David Beckham dengan angka 7, Zinedine Zidane dengan angka 10, Raul Gonzales dengan angka 7, dan sebagainya.

Bagi pemain sepakbola yang tahu cara memanfaatkannya sebagai sebuah personal branding yang long lasting, maka hal itu akan menjadi senjata jualan yang evergreen, misalkan Cristiano Ronaldo khas dengan singkatan CR7, di mana itu menjadi sebuah brand yang bisa dikomersilkan. Sekarang, Cristiano Ronaldo sudah memiliki yang namanya bebeapa produk, misalkan celana dalam, celana jins, parfum, bahkan hotel! Dan semuanya mengandung unsur penamaan CR7.

Untuk pemilik nomor punggung 10 yang paling legendaris dan paling terkenal di muka bumi ini tak lain dan tak bukan adalah Diego Maradona, selain karena sosoknya yang penuh dengan kontroversi dan berita-berita heboh, Diego Maradona benar-benar pemain berbakat dan memiliki skill sepakbola di atas rata-rata. Selain itu, Maradona juga sudah mempersembahkan hadiah terbaik untuk rakyat Argentinya yakni gelar juara World Cup, sebuah persembahan yang bahkan hingga detik ini belum bisa dipersembahan oleh Lionel Messi, yang berkali-kali memenangkan Balon D’or dan dianggap sebagai alien dalam sepakbola. Nah, uniknya, bahkan di Napoli, salah satu klub di Italia, sebagai klub yang pernah dibela oleh Maradona, sengaja mempesiunkan nomor punggun 10, untuk menghormati pencapaian pria pendek dan gempal namun lincah tersebut.

Menarik, bukan, cerita tentang nomor punggung pemain sepakbola ini?

Nah, oleh karena itulah Sobat CASOFA CLOTHING, kali ini kita akan membahas tentang sejarah nomor punggung sepakbola. Agar pengetahuan Sobat makin banyak dan makin cinta dengan perkembangan sepakbola.

Setuju? Harus, dong!

Sejatinya, mengenai sejarah nomor punggung sepakbola terdapat beberapa versi. Ada satu pihak yang mengatakan untuk membantu wasit dalam mengenai pemain di lapangan, sedangkan versi yang lain adalah nomor punggung pemain sepakbola berguna untuk identifikasi posisi pemain.

Jadi, dua versi itu adalah: mengenali pemain dan mengidentifikasi posisi pemain.

Begitu.

Nah,  tim yang pertama kali menerapkan nomor punggung dalam sejarah sepakbola adalah Arsenal.

Ya, Sobat tidak salah baca. Arsenal. Iya, tim yang sudah lama banget nggak menang juara EPL itu. Tapi, tim ini pernah invincible dalam satu musim dan menjadi juara EPL! Patut dibanggakan, loh!

Oke, balik lagi.

Arsenal, ketika itu  bertanding melawan Sheffield Wednesday di mana 11 pemain yang masuk dalam daftar starting line-up diberikan nomor urut dari angka 1 sampai 11. Sementara pemain cadangan menggunakan nomor punggung 12 sampai 22.

Ide itu datang dari pelatih Arsenal saat itu, yakni Herbert Chapman di mana dirinya mengidentifikasi pemainnya terutama dalam posisinya masing-masing.

Maklum saja, karena saat itu, formasi yang digunakan adalah formasi 2-3-5 yang berarti bahwa ada dua bek, tiga pemain tengah, dan lima penyerang.

 

nomor punggung jersey

 

Rinciannya adalah sebagai berikut:

Kiper (1), bek kanan (2), bek kiri (3), bek tengah (4), bek tengah (5), gelandang bertahan (6), gelandang sayap (7), gelandang tengah (8), playmaker (10), gelandang sayap (11), striker (9).

Bahkan nih ya Sobat, skema ini masih diterapkan sampai saat ini untuk penyebutan posisi seorang pemain, bukan nomor punggung sang pemain.

Penggunaan nomor punggung sendiri di mana satu nomor bisa dikenakan dua pemain berbeda lantaran pemberian nomor dilakukan bagi pemain inti, jika ada pemain inti yang cedera nomor punggung pun beralih.

Akhinya pada Piala Dunia 1954, FIFA mewajibkan tim peserta untuk mempermanenkan nomor punggung dari 1 sampai 22 sehingga tidak harus menurunkan pemain yang memakai nomor satu hingga sebelas.

Tak heran akhirnya muncul nomor keramat di luar 1-11 seperti nomor 14 yang dikenakan oleh Johan Cruyff di Timnas Belanda.

Lalu, ada kabar baik, ketika pada musim 1993/1994 di Inggris yang memulai Liga Primer Inggris menerapkan aturan nomor punggung permanen yang akhirnya diikuti oleh liga-liga Eropa lainnya. Adapun aturan batas nomor punggung yang berlaku di sepakbola adalah 99. Artinya, tidak boleh memakai nomor punggung lebih dari nomor itu!

Duh, seru banget ya sejarah nomor punggung sepakbola ini? Lanjut lagi yuk pembahasannya.

Nah, nomor punggung 99 sendiri sempat menjadi tren ketika dikenakan oleh Ronaldo Luiz Nazario di AC Milan lalu disusul oleh Antonio Cassano di Inter Milan.

Saat ini pesepakbola yang paling tenar menggunakan nomor punggung 99 adalah penjaga gawang AC Milan, Gianluigi Donnarumma. Si anak muda berbakat dan digadang-gadang sebagai pengganti Buffon ini, memang memiliki skill penjaga gawang di atas rata-rata.

Nomor punggung 1 yang identik dengan kiper pun di era modern juga kerap digunakan oleh pemain yang bukan berposisi kiper seperti Jonathan de Guzman saat di Napoli, Edgar Davids di Barnet FC, dan Simon Vukcevic di FK Partizan.

Aturan nomor punggung hanya satu, yakni setiap pemain hanya boleh melakukan pergantian nomor punggung sebanyak sekali, yakni di awal musim sebelum kompetisi bergulir.

Nah, itulah sejarah nomor punggung sepakbola yang ternyata seru banget untuk diikuti. Ada fakta-fakta unik yang juga bisa Sobat temukan mengenai sejarah nomor punggung sepakbola ini, yaitu pemain bola yang bernama Hicham Zerouali yang bermain di Aberdeen pernah menggunakan nomor punggung 0 karena namanya terdiri dari kata Zero. Namun, hanya semusim karena dilarang dan ia pun menjadi satu-satunya pemain profesional yang menggunakan nomor tersebut. Ada-ada saja, ya. Nah, selain itu, ada fakta unik lain lagi mengenai nomor punggung, nih, yakni Ivan Zamorano yang menggunakan nomor punggung 1+8 lantaran nomor punggung 9 kesukaanya dikenakan oleh Ronaldo saat di Inter Milan. Yah, namanya striker legendaris, harus dipakai Ronaldo, dong. Ini bukan Cristiano Ronaldo itu ya, tetapi Ronaldo yang dari Brasil yang berjuluk Sang Fenomenal, karena memiliki gocekan maut dan kecepatan lari yang luar biasa. Bahkan, Zlatan Ibrahimovic yang super keren itu saja mengidolakan Ronaldo yang dari Brasil ini! Kalau tidak percaya kehebatannya, lihat saja di YouTube, Sobat CASOFA CLOTHING akan tercengang dengan kemampuannya yang memang keren dan mengagumkan!

Oke deh Sobat CASOFA CLOTHING, beginilah sejarah nomor punggung sepakbola yang perlu Sobat tahu. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, ya![]

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.